Kamis, 21 Mei 2015

nostalgia memory manis masa SMP

catatan perjalanan studi banding malaysia dan singapore tahun 2008
utusan SMP N 1 Lintau



 KATA PENGANTAR

            Puji syukur kita ucapkanlah pada kehadirat Allah SWT.yang telah melimpahakan rahmat dan karunianya sehingga saya bisa menyelesaikan Karya tulis atau laporan perjalanan ini. Sebelumnya saya mohon maaf bila terdapat tulisan atau kalimat yang tidak terletak pada tempatnya.
            Dan saya sangat mengharapkan kritik dan saran terhadap laporan perjalanan saya ini agar saya dapat memperbaiki segala kekurangan yamg terdapat dalam diri saya untuk perbaikan di masa yang akan dating. Terima Kasih




Lubuk jantan, November 2008 


                                                                                                            FITRI KURNIA                                                   




BAB I       :Pendahuluan

A.          LATAR BELAKANG
 Kegiatan studi banding ke Malaysia dan singapura ini adalah pemberian reward oleh bapak bupati bagi murid berprestasi se-Kab.Tanah Datar,sebagai kepedulian pemerintah Kab.Tanah Datar terhadap pendidikan dengan harapan agar pendidikan di Kab.Tanah Datar dapat meningkat dari yang sebelumnya,sehingga melahirkan pelajar Tanah Datar yang cerdas dan memiliki keterampilan untuk mengharumkan nama Kab.Tanah Datar


B.           TUJUAN
Tujuan saya membuat karaya tulis ini adalah :                                                                                                     1 .Untuk berpartisipasi dalam lomba laporan perjalanan studi banding ke Malaysia dan Singapura
Sedangkan tujuan studi banding ini adalah:
1.Untuk memotivasi agar siswa peserta lebih giat belajar                                                                        2.Untuk mempelajari system pendidikan di Malaysia                                                                                                                           3.Untuk mempelajari sosio kultural di Malaysia dan singapura                                                            4.Untuk membandingkan hal-hal kasat mata  antara keadaan Indonesia dengan Malaysia dan singapura.
   C. SASARAN
1.Siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih giat ,hingga mencapai kualitas sama atau lebih dengan siswa di Negara yang dikunjungi.                                                                                                                              2.Wawasan siswa peserta,bertambah dari segi kualitas pendidikan ,kehidupan Negara lain dan memiliki tekad agar kelak mereka bisa mendapatkan hal yang sama.



BAB II        :Tinjauan Umum dan Deskripsi Kegiatan

A. Geografis dan Kebudayaan Malaysia dan Singapura
         Malaysia adalah negara jiran atau negara tetangga yang berdampingan dengan Indonesia,sedangkan Singapura adalah negera kecil yang terletak di ujung negara Malaysia.dari segi ekonomi pada umumnya penduduk Malaysia bekerja sebaga petani sawit dan ternyata 30% sawit impor di dunia berasal dari Malaysia,bahkan di negara ini juga terdapat kelapa sawit yang berumur hingga 25 tahun. Selain itu penduduk di negara ini cukup disiplin,mereka juga menerapkan budidaya antri dalam segala hal contohnya: dalam berkendaraan mereka tidak saling mendahului dengan demikian tingkat kecelakaan dapat di atasi. Bahasa yang biasa mereka gunakan sehari-hari adalah bahasa melayu sebagai bahasa resmi dan juga ada yang menggunakan bahasa inggris,tamil,dan cina.
           Ibu kota negara Malaysia adalah kuala lumpur,dan batas-batas negara Malaysia adalah:                                   
Utara      : Laut cina selatan dan muangthai                                                                                          Timur      : Indonesia dan laut sulu                                                                                                            Selatan   : Indonesia dan Singapura                         
Barat: Selat malaka                                                                                                                                                 Agama yang dianut oleh penduduk adalah islam sebagai agama resmi,budha,konghucu,dan Kristen. Dan lagu kebangsaan Malaysia adalah Negaraku. Mata uang negara ini adalah ringgit atau dolar Malaysia.
          Lain halnya dengan negara singapura yang merupakan negara industri dan di kategorikan sebagai negara maju. Ibu kota Singapura adalah singapura.
Batas-batas negara ini adalah        : 
Utara    : Selat johor                                                                              
Timur   : Selat karimata                                                                              
 Selatan : Selat Singapura                                                                                                       Barat     : Selat Malaka
Penduduknya sebagian besar adalah suku cina dan selebihnya terdiri atas suku melayu,india dan inggris yang bekerja di sektor industri,perdagangan dan jasa. Agama yang di anut oleh penduduk adalah budha,islam ,hindu,dan Kristen. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa inggris sebagai bahasa resmi,cina m,melayu dan tamil. Mata uang negara Singapura adalah dolar Singapura dan lagu kebangsaannya “Majulah Singapura”.
    Selain itu Singapura juga memiliki disiplin yang tinggi dibandingkan dengan Malaysia,penduduknya sangat menghargai waktu.
B.DESKRIPSI KEGIATAN
           Pada tanggal 19 oktober 2008,seluruh peserta studi banding berkumpul di Islamic center untuk menerima pengarahan dari bapak bupati.                                                                                              Pada tanggal 20 oktober,pukul 03.00 kami berangkat ke BIM di Padang,pada pukul 06.30 kami chek-in dan pukul 08.00 kami berangkat ke Malaysia dengan pesawat Air Asia. Setelah sampai di Malaysia sekitar pukul 09.00 km melanjutkan perjalanan ke Putra jaya dengan bus pariwisata Malaysia. Setelah itu kami makan siang di restoran padang di kuala lumpur ,selanjutnya kami pergi ke menara kembar                 


(ck...ck...ada part yang hilang ....)

        BAB III 
 PEMBAHASAN

            Minggu ,19 oktober 2008 semua peserta berkumpul di Islamic center untuk menerima pengarahan dari bapak bupati,malam itu kami menginap di Islamic center,pukul03.00 kami berangkat ke BIM di Padang dan pukul 06.30 kami chek-in kemudian pukul 08.00 kami berangkat ke Malaysia dengan pesawat Air Asia. Sekitar pukul 09.00 kami tiba di Malaysia ,setelah itu kami pergi ke Putra Jaya dengan bus pariwisata Malaysia yang bernama Labur Arbi 9762 dan dipandu oleh bapak Amirullah bin Muhammad ,di perjalanan menuju ke Putra Jaya kami hanya melihat hamparan kelapa sawit yang sangat luas, karena memang sebagian besar penduduk Malaysia bekerja sebagai petani sawit,30% impor sawit dunia berasal dari Malaysia,bahkan di Malaysia terdapat kelapa sawit yang berumur hingga 25 tahun. Putra Jaya memiliki luas +4300 ha,di Putra Jaya terdapat danau yang berfungsi untuk mencegah banjir dan juga terdapat mesjid terbesar di Kuala Lumpur yaitu seluas 224m2 .                     Menurut sejarahnya dulu kementerian Malaysia pernah dipindahkan ke Putra Jaya yaitu kementerian pertahanan pada 1999,Perdana Menteri pun pernah di pindahkan ke Putra Jaya yaitu Sultan Abdil Muhammad,di Malaysia pun sekarang ini masih ada raja yaitu raja Perlembagaan yang memimpin lembaga-lembaga. Dulu Putra Jaya bernama “Perang besar Selangor” nama Putra Jaya diambil dari Perdana Menteri I yaitu Tuanku Abdurrahman Putra Al-Harj. Putra Jaya adalah  negara persekutuan di Malaysia begitu juga dengan Sabah,Labuan dan Kuala Lumpur. Setelah berkunjung ke Putra Jaya kemudian kami makan siang di restoran Padang,setelah itu kami pergi ke menara kembar di Kuala Lumpur,sebenarnya hari itu menara kembar tidak dibuka untuk umum tapi khusus untuk rombongan studi banding murid berprestasi TanahDatar, kami naik menara kembar hanya sampai tingkat 41 yaitu di jembatan penghubung menera kembar yang bernama KSCC.
Menara kembar ini memiliki ketinggian 452 m diatas paras bumi ,memiliki 88 tingkatan,765 tangga manual,29 lif di setiap menara,10 eskalator disetiap menara,5400 ruang parkir di 5 aras bawah tanah,dan reka bentuk lantai setiap menara berdasarkan bentuk geometri islam yang ringkas yaitu 2 segiempat yang saling bertindih membentuk bintang persegi delapan yang menggambarkan prinsip penting dalam islam yaitu perpaduan dalam perpaduan,harmoni,kestabilan dan rasional. Kemudian kami shalat ashar di mesjid kenegaraan Malaysia,setelah itu kami menginap di hotel Grand Pasific Kuala Lumpur.                                                                                                                                                             Selasa ,21 oktober 2008 kami mengadakan kunjungan resmi ke Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) di Kuala Pilah,Negeri Sembilan,perjalanan dari Kuala Lumpur ke Negeri Sembilan memakan  waktu 2.5 jam. SMK ini memiliki  moto yaitu ,ilmu teramat teguh setianya . visi SMK ini adalah melahirkan pelajar cemerlang dan berahklak mulia menjelang tahun 2008 dan memiliki misi;
·         Mewujudkan suasana pengajaran dan pembelajaran kondusif kearah kecemerlangan akademik
·         Berusaha meningkatkan kecemerlangan kokurikulum, sahsia dan kepemimpinan pendekatan inovatif,kreatif serta efektif.
·         Menyediakan warga sekolah yang berdaya saing dan dinamik.

v  Keunikan SMK ini adalah memiliki galeri sejarah dan memiliki pusat sumber akademik  serta membedakan  seragam antara pelajar biasa dengan pelajar tingkat 6,dan setiap pelajar wajib memakai tali leher serta memakai lencana yang terbuat dari kain atau besi yang memiliki 5 unsur yaitu: lima tangkai bunga padi (ilmu pengetahuan),jalur-jalur (alunan) ombak (Cabaran untuk memperoleh pengetahuan),keris perak (lambang kekuasaan),ular putih (kebijaksanaan dan budi), cogan kata (ilmu teramat teguh setianya).
Selain itu  SMK ini mewajibkan muridnya untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa melayu dan inggris. SMK Tuanku Muhammad ini memiliki 79 guru,yang terdiri atas 30 guru laki-laki dan 49 guru perempuan. Serta memiliki 24 staf sokongan yang terdiri atas 9 staf laki-laki dan 15 staf perempuan, dan 699 pelajar yang terdiri dari 354 pelajar laki-laki,345 pelajar perempuan. SMK ini berhasil melahirkan tokoh terkemuka seperti: Y.M Tengku Syahriman, Yvone China,Dato Abdul Manan Omar dll.
Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke Istana Sri Menanti,yang menurut sejarahnya merupakan adik dari Istana Pagarruyung ,dulu Tengku Muhammad minta di buatkan sebuah Istana untuk tempat tinggal,tapi tidak boleh seindah dan selengkap Istana Pagarruyung di Kab. Tanah Datar. Negeri IX pada dasarnya didiami oleh melayu asli atau proto Malays,kedatangan orang Sumatra ke pada awal abad 14M juga membawa kebudayaan mereka,pernikahan orang minagkabau dengan orang asli telah melahirkan pembesar negeri dan sebelum ada yang dipertuan besar  negeri IX dibawah kesultanan Johor. Tahun 1773 pembesar negeri menjemput raja Melewar dan menggelarnya yang di pertuan agung atau YamTuan,ia pemula institusi beraja yang baru di negeri IX. Adat Dt. Parpatih  Sabatang juga di bawa ke Malaysia.
Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Lembaga Muzium Negeri IX,disana kami  mengetahui bahwa bangunan replica astana raja Melewar di kampung Astana Raja Rembau adalah wujud dari ide unik pelancongdan pejabat daerah Rembau Negeri IX dan ia timbul karena hasil lawatan kuasa laluan Raja Melewar yang diketuai oleh pihak muzium Negeri IX,pelancong dan pejabat daerah Rembau telah merancang konsep dan bentuk bangunan ini dan didirikan di tapak asal Istana Raja Melewar yang dating dari Pagarruyung untuk di tabalkan menjadi Raja. Pada masa ini di tabir oleh lembaga muzium Negeri IX dan telah diserahkan jabatan kerja Raja Negeri IX pada pejabat daerah Rembau dan seterusnya pada lembaga Muzium Negeri IX,pihak muzium telah melaksanakan pengisian secara berperingkat,peringkat 1 pengisian panel dan kabinet peragaan dan seterusnya pengisian  pameran dan artefak  pada April,2004.
September ,2004 pengisian terakhir telah dilakukan dan selesai pada November 2004. Pengisian Muzium telah di bagi pada beberapa bagian:
1.Balai yang teramat mulia Dato’ Undang Luak Rembau                                                                      2.Balai adat Parpatih                                                                                                                                   3.Balai Raja Melewar                                                                                                                                4.Balai rumah tradisional daerah Rembau                                                                                              5.Pejabat dan perpustakaan                                                                                                                       6.Kedai cinderamata 
            Teratak Za’ba,tercetus dari ide tokoh sejarah nasional Negeri IX, Dato’Seri UtamaTan Sri A. Samad Idris. Teratak  za’ba adalah satu usaha untuk mengingati dan menghargai sumbangan jasa dan kenangan seorang tokoh negara yang terbilang yaitu Pendeta Za’ba atau Pendeta Tan Sri Dr. Zainal Abidin Bin Ahmad.                                                                                                                                                   Setelah  dari muzium Negeri IX,kami pun berziarah ke makam Raja Melewar,dan kemudian kami kembali ke hotel Grand Pasific di Kuala Lumpur. Rabu , 22 oktober 2008 kami pergi ke Istana negara Yang dipertuan Agung ke 13 yang bernama Trengganu,setelah itu kami pergi ke tugu pahlawan Malaysia,di perjalanan kami melihat  taman ASEAN yang berisi arca-arca negara di ASEAN. Sesampainya di Tugu Pahlawan kami melihat  dua buah tugu yang cukup unik,yang di hiasi dengan air mancur,setelah itu kami menuju ke Dataran merdeka yang merupakan  tempat di kibarkannya bendera Malaysia untuk pertama kali dan menggantikan bendera union jack pada pukul 12.01 malam,31 Agustus1957 serta menandakan tamatnya kekuasaan Inggris di Melayu dan bebas dari penjajahan.
 Di sini juga ada perayaan menyambut detik tengah malam 31 Agustus yang diadakan setiap tahun yang disertai oleh ribuan rakyat dari berbagai kalangan sambutan dan ulang tahun kemerdekaan Malaysia sering diadakan di sini. Tiang bendera setinggi 95 m yang didirikan di penjuru padang merupakan diantara yang tertinggi di dunia. Dataran merdeka berasal dari Padang Kelab yang didirikan pada tahun 1884 oleh Inggris. Setelah itu kami menuju ke batu cave ,namun kami hanya bisa menyaksikannya dari atas mobil saja,disana terdapat patung budha yang besar dan berwarna keemasan. Kemudian kami menuju  toko cokelat,disana terdapat patung naga yang terbuat dari cokelat asli. Disana dijual bermacam-macam jenis cokelat ,dan cokelat yang terkenal di Malaysia yaitu cokelat durian.
Setelah cukup lama di toko cokelat kami pun menuju ke toko jam ,setelah itu kami pun makan siang di rumah makan si kumbang jati ,setelah makan siang kami pergi ke genting highland,disana kami naik genting sky way dengan jarak 4.5 m dan merupakan yang terpanjang di Asia Tenggara yaitu pada 3.4 m dan kita juga bisa menikmati hamparan hutan  hujan tropika. Kami juga sempat berbelanja di plaza genting highland, kemudian setelah berbelanja kami pun melanjutkan perjalanan ke sungei wang,disana kami juga berbelanja untuk sekedar oleh-oleh di rumah nanti. Setelah  puas berbelanja kami kembali ke bus dan malam itu kami tidur di bus.                                                                  Kamis, 23 oktober 2008 kami sarapan pagi di rumah makan galang patah ,Johor baru  dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Singapura. Singapura adalah suatu negara yang memiliki  luas
Sekitar 707 km2,jumlah penduduknya sekarang mencapai 4.8 juta jiwa. Singapura berasal dari kata Tumasik yang berarti sebuah pulau kecil di semenanjung Melaka,singapura di bangun menjadi kota pelabuhan  kecil pada tahun 1819 oleh Sir Thomas Stanford Raffles. Pada tahun 1965 Singapura merdeka  dan membentuk negara sendiri yang sebelumnya merupakan bagian dari Malaysia. Sedangkan  nama Kuala Lumpur berasal dari pertemuan dua sungai yaitu sungai Gombak dan sungai gelang.  
Sampai di singapura kami di pandu oleh bapak Aldi, tempat yang pertama kami kunjungi adalah Singapore Science Centre, disana kami melihat photo presiden Republik Singapura yaitu Mr.S.R Nathan yang bergerak dan juga ada Buih muzikal,Tangga Jacob:medan mahnetik di sana melalui perbedaan keupayaan antara 2 rod tembaga,ketika udara di panaskan oleh medan,arka elektrik bergerak ke atas di antara rod tersebut. Ia akan terus naik selagi medan cukup kuat untuk menampung arka merentasi lebar luang.
            Tangga jakob adalah alat yang di gunakan untuk menyebarkan tenaga elektrik.ketika ia naik,arka yang memanjang membantu melenyapkan tenaga elektrik yang berlebihan. Tangga jakob di nilai pada kuasa elektrik 20000 Watt. Arka yang naik antara 2 rod tembaga di sana oleh keupayaan elektrik 36000 Volt.    
            Corak moiré adalah corak yang terbentuk dalam mata apabila 2 corak berulang yang sama tidak sejajar.
            Pusaran biasanya di kaitkan dengan pergerakan ccair yang berputar apabila air dalam silinder berputar, ia akan mengalami daya tarik ke dalam menuju ke tengah.tarikkan ini di sebut daya memusat, molekul air menambah kelajuan ketika bergerak ke dalam menghasilkan putaran melintang. Daya memusat terbesar di kenakan terhadap molekul air karna pusarannya kecil. Pusaran adalah ccairan atau gas yang bergerak dalam putaran.
            Setelah dari Singapore Science Centre kami pergi ke kawasan delta yang merupakan kawasan industry ringan kemudian kami makan siang di salah satu restaurant di Singapure kemudian kami kembali melanjutkan perjalanan ke Taman Merlion yang m,erupakan lambang dari Singapore. Setelah itu kami naik kereta bawah tanah dengan stasiun Farrerpark, setelah itu kami kembali pergi berbelanja ke Mustafa Centre dan kami mealanjutkan perjalanan ke Malaka untuk menginap di hotel Plaza Malaka.
            Pada hari Jum’at 24 Oktober 2008, setelah sarapan pagi kami berangkat ke dermaga Malaka untuk kembali ke Indonesia,kami menumpangi kapal yang menuju Dumai di sana kami sudah di tunggu oleh IKTD sekaligus kami makan siang di rumah makan datuak dan mendengarkan pengarahan atau, kata sambutan dari ketua rombongan,salah seorang anggotaIKTD dan bapak Zulkarnain . Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Batu  Sangkar dengan bus pariwisata Dumai. Sekitar pukul 07.00 kami sampai di B.sangkar dan berkumpul di depan Gedung Indo Jelito.                                                                                                                                                                                       (ketikan kok kacau gini ya???)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar